Ads Top

Ketua TKA Asal China Pukuli Petugas Imigrasi



Petugas Imigrasi dibantu aparat TNI dan Polri melakukan penggerebekan di Perkampungan tenaga Kerja China di Kampung Cihideung, Desa Cintamanik, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Dalam penggerebekan tersebut, Ketua TKA China, Che Linpui marah lantaran anak buahnya ditangkap. Ia sempat memukul petugas Imigrasi, tetapi langsung dibekuk dan diborgol.

Dalam penggerebekan yang berlangsung pada Selasa (10/1) itu, petugas Imigrasi berhasil mengamankan 18 tenaga kerja asing asal Tiongkok yang bekerja di perusahaan tambang mineral. Puluhan lainnya berhasil melarikan diri.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor, Herman Lukman, mengatakan, setelah 18 TKA China menjalani pemeriksaan, enam di antaranya sudah dibebaskan. Pasalnya, keenam TKA Tiongkok tersebut mengantongi dokumen sesuai peruntukan.

Sedangkan 12 TKA lainnya masih ditahan dan menjalani pemeriksaan. Petugas juga mendalami motif WN China itu berada di Kampung Hideung, Desa Banyuwangi, Cigudeg, Kabupaten Bogor.

TKA China yang dibebaskan adalah bos PT Sinomine Resource Indonesia, Che Linpui, mandor tambang Li Weng Guang (35), pekerja Tao Zhi Guang (55), Yang Sheng Hang (25), Zhang He Ping (49), Jiang Xiao Shan (37), dan Hu Guoqiang (47). Meski dibebaskan, Imigrasi tetap menahan dokumen mereka untuk dipelajari.

Sementara, 12 lainnya yang masih ditahan yakni Ling Sha Hua (42), Yang XiaoYui (53), Heng Achong Xin (73), Cao Jian Hu (47), Wang Guian (40), Zhuzhi Fu (42), Tang Chen Shun (56), Tao Xiang Shan (37), dan tiga perempuan yakni Kang Shu Hua (36), Shi Tian (37), dan Chen Li Zhe (52).

(ps)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.